Home » Bibit Buah » Buah Ketapang Almond

Buah Ketapang Almond

Kategori : Bibit Buah
1 biji per paket
Stok : Habis
Kode :
Berat : Kg
Dilihat : 1404
Harga : Rp 10000
Tutup sementara [No Call]
KETIK :
BUAHUNIK # Nama Buah (jumlah) # Nama Lengkap # Alamat Lengkap # No HP
Buah Ketapang Almond

Buah Ketapang Almond

Bibit Buah Ketapang Almond

Berisi 1 biji per paket.

 

Ketapang (Terminalia catappa) adalah pohon tropis yang buahnya rasanya mirip almond atau kenari. Tanaman ini dapat tumbuh di segala dataran (cocok bagi Anda yang tidak suka tumbuhan yang butuh perawatan ekstra), utamanya di dataran rendah. Ketapang di Luar Negeri dikenal sebagai Bengal almond, country almond, Indian almond, Malabar almond, sea almond, dan almond tropikal.

Karena variasi-variasi nama lain yang merujuk buah ini banyak menyinggung kata “almond” maka kami menyebutnya ketapang almond.

Ketapang banyak sekali gunanya. Pohonnya sering dijadikan proyek penghijauan atau tanaman perindang, karena tumbuh tinggi dan rindang. Pohon ketapang dapat tumbuh hingga 35-40meter. Sering digunakan di pantai untuk mencegah abrasi.

Bentuk biji buah ketapang

Bentuk biji buah ketapang

Buah ketapang yang berwarna cokelat kehitaman rasanya mirip sekali dengan almond dan kenari, sehingga dapat menjadi alternatif jika Anda ingin memakan almond tapi harganya terlalu mahal :D. Buah ketapang memiliki banyak nutrisi, termasuk protein, lemak tak jenuh, vitamin E, dan antioksidan. Buahnya memiliki ‘lapisan gabus’ sehingga bisa jadi mainan anak yang biasanya melarungkan buah-buahnya di sungai. Selain itu buah ketapang juga unik karena bisa digunakan jadi tinta hitam.

Bunga ketapang

Bunga ketapang

Pertumbuhan ketapang terbilang cepat. Sebuah tanaman ketapang dengan tinggi 1 meter dapat menjadi 6 meter tingginya dalam kurun waktu 3 tahun. Kayunya keras, percabangan tumbuh melebar, sehingga terlihat seperti berlapis.

Daun ketapang

Daun ketapang

Bentuk daun ketapang lebar, ujungnya membulat. Daun akan berubah menjadi merah lalu kemudian ranggas pada musim kemarau.